Cara Konsistensiku Dalam Menulis

Konsisten dengan prinsip yang telah kita desain untuk mencapai suatu hal yang telah kita inginkan, sama halnya konsistensi kita dalam menulis.  Kata konsisten yang memiliki arti teguh terhadap pendirian kita dan tidak berubah-ubah. Dengan konsistensi kita yang benar-benar kita laksanakan dapat untuk mencapai tujuan kita.

Seperti menulis, untuk mendapatkan kualitas yang benar-benar bagus terhadap hasil tulisan kita, maka kita harus belajar konsisten untuk menulis dengan cara melakkan menulis setiap harinya. Peningkatan kosakata kita berasal dari membaca yang kemudian mengikat makna tersebut dengan cara menulisnya.

Aktivitas membaca dan menulis memiliki tahapan yang setara, dimana jika dilakukan setiap harinya dapat meningkatkan kualitas kalimat kita. Konsistensi menulis dapat kita lakukan dengan cara menulis setiap hari dalam waktu tertentu. Dalam waktu 10 menit setiap harinya tanpa berhenti,itu misalnya.

Menulis tidak melulu di dahulu untuk menentukan tema apa yang akan kita tulis. Menulis dengan bebas, ide atau permasalahan apa saja yang ada di dalam pikiran kita. Menuliskan apa yang ada di dalam pikiran kita secara bebas dan berkreasi. 

Dalam belajar menulis untuk diri kita sendiri, kita tidak harus kok menulis dengan format yang benar dengan ejaan yang benar pula tetapi yang terpenting adalah 10 menit untuk setiap harinya, kita harus menulis. Walaupun apa yang kita tulis tidak saling berkaitan dan belum terstruktur dengan benar.

Konsisten kita dalam menulis 10 menit setiap harinya memiliki manfaat yang sangat banyak sekali, tidak hanya yang sudah tersebut di atas saja. Dengan cara itu kita juga bisa meningkatakan kreatifitas dan ketrampilan kita untuk menulis. Gaya penulisan kita juga akan meningkat secara perlahan dengan menerapkan konsintensi untuk menulis.

Untuk penulis pemula seperti saya untuk menghindari kebosanan kita dalam menulis dapat dihindari kok, dengan menulis apa yang kita pahami saja terlebih dahulu. Sesuatu ynag kita tulis tidak harus menargetkan bahwa harus menulis sesuatu yang lagi viral atau booming di lingkungan sekitar kita.

Konsistensi dalam menulis bukan merupakan satu-satunya keberhasilan untuk menjadi penulis. 

Keberhasilan menulis dilengkapi dengan rajin membaca yang merupakan unsur penting dalam sebuah penulisan. Dengan membaca kita bisa melihat kualitas tulisan dan dapat membedakan mana tulisan yang memiliki kualitas tinggi dan hanya biasa saja.

Konsisten dalam diri kita untuk terus menulis dipengaruhi oleh kedispilinan dalam diri kita terlebih dahulu. Apabila kita mampu mendispilinkan diri kita untuk selalu menulis 10 menit setiap harinya, maka kebiasaan kita akan terus berlanjut. Dan apabila kita berhenti untuk menulis untuk beberapa hari saja, dalam diri kita kan timbul sebuah kemalasan.

Mendispilinkan diri dengan memberikan menentukan waktu kapan saat kita untuk menulis yang harus dilakukan setiap harinya. Jika terjadi sebuah pelanggran maka hukumlah diri kita sendiri dengan hukuman yang bermanfaat bagi diri kita.

Jadi menulis merupakan hal yang harus kita lakukan secara konsisten setiap harinya. Karena dengan cara itu kita bisa meningkatkan kualitas menulis yang kita inginkan. Menulis dan membaca setiap hari akan meningkatkan kualitas tulisan, gaya penulisan dan ketrampilan kita dalam menulis.

Oleh Tri Ambar Sari
Perkenalkan nama saya adalah Tri Ambar Sari, lahir di Rembang,11 Maret 1998. Saat ini saya masih melanjutkan pendidikan saya di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Saya mengambil konsentrasi pendidikan ekonomi ( Administrasi Perkantoran). Alamat rumah saya di Jalan Slamet Riyadi Desa Ngadem Rt 04 Rw 01 Rembang, Jawa Tengah. Untuk keperluan lebih lanjutnya bisa menghubungi email triambar599@gmail.com atau whatsApp saya 082336972836. Demikian dari saya atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.

Salam Hormat,

Tri Ambar Sari
Penulis

Cara Konsistensiku Dalam Menulis Cara Konsistensiku Dalam Menulis Reviewed by Pena Juara on May 31, 2020 Rating: 5

No comments


Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-tQY9J_6x1G0/XtPfL8xajjI/AAAAAAAAAF4/8_PRPMvvniYMZxUj7vWIxYzIfiY4iXsHQCLcBGAsYHQ/s1600/POST%2BYUHUY-23-min.png] Author Name [PenaJuara] Author Description [Read. Think. Write.] Facebook Username [soratemplates] Twitter Username [soratemplates] GPlus Username [104219125408123734587] Pinterest Username [soratemplates] Instagram Username [penajuaracom]