Kekalahan Bukanlah Akhir

Kekalahan bukan berarti sebuah kegagalan, melainkan sebuah awal dari kemenangan yang tertunda. Kegagalan mengajarkan kita untuk terus menjadi lebih baik dari sebelumnya. Seseorang yang bijak tentunya tidak akan terpuruk saat mendapatkan kekalahan. Mereka seharusnya menerima kekalahannya dan menjadikan kekalahan tersebut sebagai pengalaman untuk berusaha lebih keras lagi. 

Di dunia ini siapa yang tidak pernah mengalami kegagalan atau kekalahan? Pastinya setiap orang pernah mengalami kegagalan. Bahkan Rasulullah SAW, panutan segala umat manusia pun pernah mengalami yang namanya ‘Kekalahan dan Kegagalan’. Dalam hidup seorang Rasulullah SAW tidak terlepas dari masa-masa yang sulit yang sering dilaluinya. Sejak kecil tumbuh besar tanpa mengenal orang tuanya hingga meninggalnya sang istri tercinta, Khadijah. Dalam melakukan dakwah juga termasuk masa-masa yang paling sulit dalam diri Rasullulah SAW. Dimulai dari mendapat cemoohan, dilempari kotoran, diludahi, sampai dilempar dengan batu hingga berdarah-darah. Namun Rasulullah SAW. tidak pernah menyerah serta mengeluh dalam menyebarkan ajaran dakwah kepada umatNya yang beliau cintai.

Dari kisah Rasulullah SAW yang saya sebutkan dapat kita petik kesimpulan jika semua manusia pernah mengalami yang namanya fase dimana ia ‘gagal’. Tergantung bagaimana seseorang tersebut menyikapi kegagalan tersebut, apakah ia akan menyerah atau ingin bangkit dan memulai semuanya dari awal untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebagai orang yang masih baru dalam dunia tulis menulis, saya juga pada awalnya sering mengalami kegagalan. Banyak yang mengomentari jika tulisan yang saya posting masih kurang baik, baik dari segi pemilihan kata, penggunaan tanda baca, kejelasan kalimat sehingga masih perlu banyak latihan. Namun terlepas dari itu semua saya tidak pernah menganggap itu adalah sebuah jalan untuk menyerah. Kritikan atau komentar itu bersifat membangun. Dari sanalah kita mengetahui dimana kekurangan yang kita miliki.

Saya tidak pernah lelah untuk berlatih menulis. Saya mempunyai motto “Tidak ada kata gagal, kecuali jika kamu menyerah”. Motto itu yang saya sering terapkan dalam kehidupan sehari-hari saya. Ketika saya menyerah, itu berarti saya gagal. Maka dari itu saya terus berusaha mencari dimana letak kesalahan saya serta memperbaikinya. Ketika untuk pertama kali saya mengikuti suatu lomba blog, awalnya saya tidak pernah menang. Saya sudah mengirimkan lebih dari 10 tulisan saya ke beberapa lomba-lomba yang berbeda. Namun, saya tidak pernah menemukan nama saya dalam daftar pemenang lomba-lomba tersebut. Hal itu tidak membuat saya berkecil hati. Mungkin itu bukanlah saat yang tepat untuk saya menang. Mungkin saat itu memang bukan rejeki saya. Tapi itu tidak membuat saya berhenti untuk mengikuti lomba dan mengirimkan tulisan-tulisan saya.

Hingga saat itu tiba. Suatu hari saya mengecek E-mail yang masuk, dan saya menemukan sebuah pesan bahwa tulisan saya menjadi pemenang ketiga dalam sebuah kompetisi blog. 


Saat itu merupakan hari dimana seluruh kerja keras saya selama ini terbayarkan. Satu yang saya pelajari dari pengalaman saya tersebut, bahwa kegagalan itu bukanlah akhir dari semuanya. Itu merupakan proses untuk memperbaiki kualitas diri kita masing-masing. Karena sejatinya tidak yang abadi dalam hidup ini, begitupun dengan kegagalan. Kegagalan akan berbuah manis untuk mereka yang melakukan pekerjaannya dengan sepenuh hati tanpa pernah mengeluh. Setiap manusia punya rencana dan jalan hidupnya masing-masing. Namun yang terbaik tetaplah rencana Tuhan.

Oleh Resky Ramadhanti

Tentang Penulis
Resky Ramadhanti. Biasa dipanggil Kiky. Seorang introvert yang Lahir di Makassar, 9 Januari 1999. Seorang gadis yang berasal dari sebuah kota kecil di Provinsi Sulawesi, Kota Pinrang. Ia merupakan alumni SMA Negeri 1 Pinrang. Saat ini, ia tercatat sebagai mahasiswa semester 4 Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya. 

Kekalahan Bukanlah Akhir Kekalahan Bukanlah Akhir Reviewed by Pena Juara on May 31, 2020 Rating: 5

No comments


Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-tQY9J_6x1G0/XtPfL8xajjI/AAAAAAAAAF4/8_PRPMvvniYMZxUj7vWIxYzIfiY4iXsHQCLcBGAsYHQ/s1600/POST%2BYUHUY-23-min.png] Author Name [PenaJuara] Author Description [Read. Think. Write.] Facebook Username [soratemplates] Twitter Username [soratemplates] GPlus Username [104219125408123734587] Pinterest Username [soratemplates] Instagram Username [penajuaracom]