Menang Kalah Yang Penting Berusaha

Seorang founder Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI) yakni Lenang Manggala pernah mengatakan 
"menulis adalah satu-satunya cara mengubah dunia tanpa harus meninggalkan tempat tidur’". 
Kata-kata ini tentu menjadi mantra penyihir bagi kebanyakan penulis di Indonesia yang masih memulai debutnya seperti diriku. Bagaimana tidak, kata-kata yang sederhana namun memiliki makna yang begitu mendalam. Sehingga mendorong semangatku untuk terus menulis. Bagi diriku, menulis adalah suatu kegiatan yang sangat mengasyikan. Dengan menulis aku dapat menuangkan segala ide kreatif yang ada di pikiran, merangkai cerita dengan berbagai ekspresi. Hal ini tentu sangat membuatku mencintai bidang kepenulisan.

Untuk melihat sejauh mana perkembangan karya-karya tulis yang aku buat, maka aku sering mengikuti berbagai perlombaan menulis. Hal ini agar lebih melatih diriku dalam mengembangkan potensi dibidang menulis. Tidak peduli entah itu menang atau kalah, yang terpenting adalah aku selalu berusaha untuk membuat karya tulisku menjadi sempurna. Seperti Thomas Alva Edison yang pernah merasakan kegagalan hingga 999 kali dalam penemuan bola lampu pijar, namun pada percobaan yang ke 1000 kali ia berhasil dalam percobaanya. Demikian dengan diriku yang akan terus mengikuti perlombaan menulis, meskipun aku harus dihujani kekalahan berkali-kali tapi aku tidak akan menyerah. Aku akan terus mencoba hingga kemenangan berpihak kepadaku dan karyaku dapat menjadi inspirasi semua orang. Aku akan terus berusaha hingga karya tulisku menjadi suatu karya yang berkualitas. 

Sebuah prinsip telah mendarah daging dalam diriku yakni‘’menang kalah yang penting menang’’. Kata-kata ini mungkin terdengar aneh, namun ini menjadi kata kunci sekaligus penyemangat bagi diriku. Menang ataupun kalah, kemenangan akan tetap menjadi milikku. Hal ini karena aku sudah berjuang  melawan rasa takut untuk mencoba, melawan kegagalan yang akan menerpa. Aku akan tetap menulis dan terus mengirim karya tulis yang aku buat. Menang atau kalah itu sudah biasa dalam suatu perlombaan, tapi yang terpenting adalah sebuah usaha agar sebuah karya itu menjadi lebih baik dan aku dapat terus mengembangkan potensi yang dimiliki. ‘’Belakang parang lagi jika diasah niscaya tajam’’ Selintas kalimat yang menebus dada untuk terus berusaha. Suatu kemapuan jika terus dilatih maka akan berbuah kemengan dan keberhasilan.

Namaku Risky Rahmawati, aku memiliki hobi menulis sejak SMA. Saat ini aku sedang menempuh pendidikan di Universiats Medan Area dengan jurusan Psikologi. Menjadi penulis adalah impianku sejak lama. Meskipun belum terlalu mahir, aku akan terus mengasah kemapuanku dalam bidang menulis hingga dapat menciptakan karya yang dapat dibaca semua orang.

Menang Kalah Yang Penting Berusaha Menang Kalah Yang Penting Berusaha Reviewed by Pena Juara on May 31, 2020 Rating: 5

No comments


Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-tQY9J_6x1G0/XtPfL8xajjI/AAAAAAAAAF4/8_PRPMvvniYMZxUj7vWIxYzIfiY4iXsHQCLcBGAsYHQ/s1600/POST%2BYUHUY-23-min.png] Author Name [PenaJuara] Author Description [Read. Think. Write.] Facebook Username [soratemplates] Twitter Username [soratemplates] GPlus Username [104219125408123734587] Pinterest Username [soratemplates] Instagram Username [penajuaracom]