Mencari Peluang, Apakah Itu Alasanku?

Buat saya, menulis itu tidaklah sulit. Benarkah? iyalah, secara waktu SD saya sudah belajar menulis. Namun yang membuat sulit yaitu, mencari ide dan mengembangkannya. Apalagi bila dilihat dari karakter para pembaca yang berbeda-beda. Belum tentu apa yang kita tulis itu menarik minat mereka untuk membacanya. Maka dari itu kita harus tahu, apakah tulisan yang kita buat sudah pantas untuk dibaca, Bagaimana caranya? dengan mengikuti lomba menulis. Kok bisa? mari kita cari alasannya.

Sebagai penulis pemula, pastinya belum tahu bagaimana kualitas tulisan yang kita buat. Apakah sudah layak untuk dibaca atau diterbitkan. Dengan mengikuti lomba menulis, kita dapat mengetahuinya. Anggap saja kompetisi itu merupakan upaya penilaian hasil karya kita. Bila kita menang, berarti ada kenaikan tingkat level pada tulisan kita. Khususnya untuk lomba menulis blog, dapat memperbaiki skor Alexa Rank. Menjadi snow ball efeknya, bila rangkingnya membaik, maka banyak kemungkinan dilirik untuk menjalin kerja sama. Ini salah satu alasan mengapa kita wajib mengikuti lomba menulis.

Sorang pemula, pastinya tidak dikenal banyak orang. Apalagi dengan tulisan kita. Sebagian besar dari pembaca lebih berminat dengan tulisan orang yang dikenalnya. Inilah salah satu alasan mengapa kita harus mengikuti lomba menulis. Karena dalam penyelenggaraan lomba, banyak penerbit yang memantau melihat perkembangan siapa pemenangnya. Sehingga terdapat peluang besar sebagai batu loncatan mennuju dunia literasi yang sebenarnya. Hal ini bisa dijadikan alasan mengapa kita harus ikut lomba menulis.

Selain itu ada manfaat tersendiri dalam mengikuti lomba, yaitu dapat memacu andrenalin kita. Hal ini terjadi pada diri saya sendiri. Dengan mengikuti lomba menulis, saya merasa tertantang. Apalagi bila mendekati deadline yang telah ditentukan oleh penyelenggara. Tenggang waktu, bukanlah suatu hal yang menyeramkan buat saya. Namun, merupakan pemacu pembakar semangat yang ampuh. Sehingga dapat melatih saya untuk meningkatkan konsistensi dalam menulis. Inilah alasan utamanya, mengapa saya mengikuti lomba menulis.

Dari penjabaran di atas, dapat kita lihat bagaimana dampak yang kita terima bila mengikuti lomba menulis. Pastinya, kita akan mendapatkan peluang yang cukup besar bila mengikutinya. Selain dapat melihat kualitas, kita juga dapat menghasilkan sebuah karya yang dikemas dalam bentuk buku. Sehingga menumbuhkan rasa bangga terhadap diri sendiri, karena tulisan kita dapat dibaca oleh orang banyak. Lalu, masih berpikir panjang untuk mengikuti lomba menulis? kalau menurit saya sih no. 

Mencari Peluang, Apakah Itu Alasanku? Mencari Peluang, Apakah Itu Alasanku? Reviewed by Pena Juara on May 31, 2020 Rating: 5

No comments


Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-tQY9J_6x1G0/XtPfL8xajjI/AAAAAAAAAF4/8_PRPMvvniYMZxUj7vWIxYzIfiY4iXsHQCLcBGAsYHQ/s1600/POST%2BYUHUY-23-min.png] Author Name [PenaJuara] Author Description [Read. Think. Write.] Facebook Username [soratemplates] Twitter Username [soratemplates] GPlus Username [104219125408123734587] Pinterest Username [soratemplates] Instagram Username [penajuaracom]