Tetap Usaha Walau Kekalahan Terus-Terusan Datang

“Sebab kunci sebuah Kesuksesan adalah selalu bangkit dari setiap Kekalahan”. 
Itulah satu deret kata yang menjadi bahan pertimbangan saya ketika berinisiatif menutup pena dan mematikan layar laptop. Puluhan lomba jurnalis saya ikuti setiap mendapatkan kabar lewat media dan teman. Namun tidak jarang pula kekalahan menyertai langkahku. Sedikit banyak saya sudah mengantongi rasa malu yang mengiringi jejak keterpurukanku lewat siaran media dalam daftar lolos lomba jurnalis. Namun sampai saat ini PBL (Pena, Buku, dan Laptop) masih setia kujumpai dan kujadikan ketiganya sebagai teman untuk passionku.

Menurutku pikiran lebih luas daripada ribuan hektar dunia, sehingga aku sangat yakin dengan keberhasilan yang pasti bisa untukku menggenggamnya. Hanya saja waktu masih ingin melihatku berusaha keras untuk membumikan literasi lewat suatu karya tulis dengan spasi. Bukankah menulis itu satu hal yang menjenuhkan untuk sebagian orang? Namun bagiku dengan menulis kita telah memegang kunci dunia dan bisa membukakan pintu dunia untuk diri sendiri dan orang lain. Memang tidak bisa dipungkiri dengan penyakit yang pasti mengidap di qalbu manusia, yakni Malas. Untuk memeranginyapun membutuhkan niat yang kuat serta kumpulan semangat untuk bangkit dan berkarya.

Dalam sebuah ungkapan dikatan “Bila mulutmu dibungkam, Bicaralah dengan Pena”. Pena menajadi wakil dari kebisuan kita, menjadi isyarat dari ketidakadilan penguasa. Saya telah bertekad menjadi penulis, maka saya harus terima segala resiko nantinya. Mulai dari terkikisnya energi, turunnya berat badan, serta kurangnya jam tidur. Namun dibalik itu semua ada titik terbesar yang akan didapatkan oleh seorang penulis, yakni wawasan yang luas dan karya yang memuaskan.

Terkadang saya bertanya pada diri sendiri, dimana letak kekurangan dan kesalahan tulisan saya, kenapa saya gak pernah lolos tiap kali ikut kompetisi. Namun dari kegagalan itu saya belajar untuk mengerti arti sebuah kekalahan, yakni adanya sebuah kebahagiaan besar yang sedang menunggu. Jujur saya sempat iri dengan teman saya yang keseringan dia lolos dalam tiap karyanya diikutkan lomba. Namun dari situ saya bisa berfikir lebih dewasa dan banyak mendapatkan tambahan ilmu dibandingkan dia yang lolos duluan. Sebab terkadang jika Allah memberikan kebahagiaan, kebanyakan hambanya lalai mengingatNya. Maka dari situ saya berfikir Allah akan memberikan kebahagiaan untuk saya lewat karya saya yang kebahagiaannya mampu mewakilkan sederetan kegagalan disetiap langkah.

Dengan teknologi yang tersedia saat ini, justru menjadikan sebuah kesalahan besar jika para penggunanya tidak mau melangkah untuk sukses. Sebab dalam tekhnologi sekarang sudah menyediakan fasilitas untuk sukses. Mulai dari e-book dan aplikasi penunjang lainnya. Sehingga jika terjadi kegagalan terhadap seseorang maka ia semakin jath sebab tidak menggunakan teknologi dengan baik.

Orang-orang sukses tidak pernah lahir dari orang yang hanya bersantai saja. Sebab ilmu tidak akan didapat oleh orang yang tidak bersungguh-sungguh. Membaca, menulis, dan menyampaikan merupakan sederetan aktivitas yang bisa dijadikan acuan untuk lebih maju dari orang yang hanya pintar tanpa melakukan tiga hal itu. Teruslah berusaha, karena sesungguhnya usaha tidak akan pernah membuatmu bodoh. Sebab kekalahanmu sekarang adalah pintu kesuksesan dimasa mendatang.

Oleh: Siti Zumroh

Nama saya Siti Zumroh, salah satu anggota penulis di komunitas Challenge Menulis Rutin. Sekarang saya adalah salah satu manusia terpilih asal Madura yang lolos di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Menginjak semester 4 di Prodi yang patut dibilang tegas, yakni Jurusan Hukum Perdata. 

Tetap Usaha Walau Kekalahan Terus-Terusan Datang Tetap Usaha Walau Kekalahan Terus-Terusan Datang Reviewed by Pena Juara on May 21, 2020 Rating: 5

No comments


Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-tQY9J_6x1G0/XtPfL8xajjI/AAAAAAAAAF4/8_PRPMvvniYMZxUj7vWIxYzIfiY4iXsHQCLcBGAsYHQ/s1600/POST%2BYUHUY-23-min.png] Author Name [PenaJuara] Author Description [Read. Think. Write.] Facebook Username [soratemplates] Twitter Username [soratemplates] GPlus Username [104219125408123734587] Pinterest Username [soratemplates] Instagram Username [penajuaracom]