10 Alasanku Mengikuti Lomba Menulis. Nomor 7 Aku Banget

Menulis merupakan suatu hal yang pasti dilakukan setiap manusia, baik itu menulis tulisan-tulisan formal maupun tulisan-tulisan nonformal. Adapun dalam penulisan terdapat berbagai macam kaidah yang harus kita terapkan salah satunya yang sangat menonjol ialah dari segi etika tulisan. Begitu juga dalam penulisan tulisan formal, selain dari segi etika tulisan, penulis juga harus memperhatikan kaidah tata bahasa yang telah baku, artinya tulisan dapat dikatakan formal haruslah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak mengandung unsur SARA, LGBT maupun pornografi.

C:\Users\815100443\Documents\index.jpg

Dalam kehidupan yang modern saat ini, banyak sekali tulisan baik itu artikel maupun berita atau juga hanya sekedar cerita fiksi yang bertebaran disekeliling kita dan juga tak jarang orang-orang menjadikan hobi menulis itu sebagai suatu pekerjaan atau hanya sekedar mengikuti event-event atau lomba tertentu. Jika kita memang hobi dalam bidang literasi maka tak salah kita mencoba untuk mengikuti kegiatan lomba-lomba tersebut seperti menulis puisi, cerpen atau bahkan essay yang membutuhkan penelitian maupun observasi ketempat yang akan kita jadikan tema dalam penulisan nantinya.  Seperti apa yang saya lakukan saat ini, banyak sekali hal positif yang bisa saya dapatkan yang akan saya bagikan keteman-teman semua sehingga apa yang saya lakukan saat ini akan menajadi motivasi bagi teman-teman untuk mencoba mengikuti lomba literasi kedepannya.

Melatih Jiwa tuk Berkompetisi
Dalam sebuah perlombaan ataupun sebuah kompetisi tentunya ada menang dan kalah yang tak bisa kita mungkiri. Dalam hal ini tentulah kita harus mempersiapkan diri berupa persiapan mental maupun persiapan bahan yang akan kita kumpulkan nantinya. Tak jarang juga banyak peserta yang kelelahan dalam proses perlombaan seperti menyerah dikarenakan tak sanggup menyelesaikan lomba tersebut atau juga tereliminasi dikarenakan tak sesuai dengan kriteria persyaratan. Proses ini bisa membuat diri kita menjadi jiwa yang tahan banting terhadap berbagai macam kondisi atau masalah saat menjalankan kompetisi tersebut dan juga akan terbiasa untuk mengikuti kompetisi-kompetisi lainnya.

Memperkaya Wawasan
Selain melatih jiwa tuk berkompetisi, mengikuti lomba menulis juga akan memperkaya wawasan kita dalam segala hal seperti macam-macam kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sosial, budaya maupun dalam hal lainnya.

Membangun Social Network didaerah sendiri maupun antar daerah
Pada saat kita mengikuti lomba pastinya banyak orang-orang yang kita jumpai, baik itu berjumpa langsung maupun melalau grup social media yang dalam hal berfungsi untuk berbagi informasi mengenai lomba-lomba yang sedang berlangsung. Disinilah kesempatan kita untuk membangun social network yang mana hal ini pasti sangat berguna bagi kita seperti jika kita sedang keluar kota yang mana ada teman disana yang bisa menjadi tour guide kita.

Melatih Jiwa untuk Lebih Disiplin dan Lebih Menghargai Waktu
Pastinya setiap event atau lomba ada limit waktu yang harus kita selesaikan. Begitu juga jika kita mengikuti event atau lomba menulis, maka kita dituntut untuk menyelesaikan setiap tantangan sesuai pada waktunya dan kondisi seperti inilah yang dapat melatih kita untuk lebih disiplin dan selalu menghargai waktu agar dapat menyelesaikan deadline yang telah ditentukan. 

Sebagai Ajang untuk Apresiasi Diri Sendiri
Mengikuti ajang perlombaan juga bisa sebagai apresiasi buat diri sendiri yang mana ketika kita memenangkan suatu perlombaan maka kita bisa bangga dengan kemampuan diri sendiri, maupun sebaliknya, ketika kita belum diberikan kesempatan untuk menjadi yang terbaik maka kita bisa bangga bahwa kita sudah mengikuti lomba tersebut.

Membawa Citra Nama Baik Bagi Daerah Kita
Tentunya saat kita mengikuti semacam lomba menulis maka akan ada suatu perkenalan yang salah satu isinya ialah asal daerah kita dan pada saat itu secara tidak langsung kita membawa nama baik bagi daerah kita apalagi jika kita menambahkan tentang budaya daerah kita pada tulisan tersebut.

Berkesempatan untuk Mengeksplor Daerah Lain.
Tak jarang juga ketika kita memenangkan lomba-lomba menulis maka akan ada kesempatan bagi kita untuk mengikuti jenjang lomba yang lebih tinggi dan kebetulan diadakan diluar daerah kita. Maka pada saat itu kita bisa berkesempatan untuk berkeliling daerah dengan kantong kosong atau gratis.

Memperbanyak Karya Tulisan
Jika kita sering mengikuti event atau lomba menulis maka dengan kata lain kita sedang menabung berbagai macam karya tulisan kita disana dan juga berguna bagi diri sendir maupun orang lain yang membacanya.

Memperbanyak Sertifikat untuk Menambah Daftar Prestasi
Setiap perlombaan ada yang memberikan sertifikat bagi semua peserta ada juga yang hanya diberikan bagi para pemenang lomba saja. Walaupun hanya sertifikat, jangan sesekali kita meremehkan kegunaan sertifikat, karena ada beberepa kampus ataupun lowongan pekerjaan yang sangat menghargai adanya sertifikat bagi setiap peserta karena bisa jadi nilai plus untuk peserta tersebut.

Untuk Mendapatkan Hadiah
Dan yang terakhir alasan saya menyukai mengikuti lomba menulis ini karena ingin mendapatkan hadiah yang berbagai macam bentuk, seperti uang tunai, tabungan maupun kesempatan berkeliling luar negeri.

Itulah hal positif dan alasan bagi saya untuk semangat mengikuti lomba-lomba dibidang literasi karena ada hal lain yang lebih besar dari sekedar hadiah dan juga hadiah bagi saya hanya sebagai bonus saja untuk mencurahkan apa yang ingin saya sampaikan kepada sesama.

Oleh Muhammad Taufik Akbar
Hallo… Perkenalkan nih nama saya Muhammad Taufik Akbar dan bisa panggil saya Taufik. Saya lahir di Bengkulu Tengah, sekarang saya bekerja disalahsatu institusi pemerintah ternama yakni Direktorat Jenderal Pajak. Tak puas dengan ilmu dibidang tersebut, saya pun memberanikan diri untuk terjun kedunia literasi yang bagi saya lebih keren dan oke.


10 Alasanku Mengikuti Lomba Menulis. Nomor 7 Aku Banget 10 Alasanku Mengikuti Lomba Menulis. Nomor 7 Aku Banget Reviewed by Pena Juara on June 02, 2020 Rating: 5

No comments


Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-tQY9J_6x1G0/XtPfL8xajjI/AAAAAAAAAF4/8_PRPMvvniYMZxUj7vWIxYzIfiY4iXsHQCLcBGAsYHQ/s1600/POST%2BYUHUY-23-min.png] Author Name [PenaJuara] Author Description [Read. Think. Write.] Facebook Username [soratemplates] Twitter Username [soratemplates] GPlus Username [104219125408123734587] Pinterest Username [soratemplates] Instagram Username [penajuaracom]