Gagal? Bukan Berarti Menyerah!

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “Kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda” –Unknow. Yap, setuju! Karena kalau ingin berhasil… ya harus berusaha dulu, nikmati prosesnya, rasakan tantangannya, dan kegagalan biasanya sering kali menghampiri walau sudah yakin bahwa usaha yang dilakukan sudah maksimal.


Saya sudah tertarik dengan dunia tulis-menulis khususnya di ranah cerpen dan novel sejak lama. Karena hobi membaca buku juga dan sesekali pun suka menulis dalam bentuk buku diary. Kebiasaan itu yang lama kelamaan membuat Saya merasa kalo diri ini mampu untuk mengungkapkan kata-kata yang bisa diterbitkan menjadi sebuah buku.

Mulai cari-cari info lomba menulis memang baru akhir tahun 2017 yang lalu, dalam rentang waktu sekitar 5 bulanan sudah mengikuti 3 lomba menulis cerpen. 2 lomba gagal dan 1 lomba masih menunggu pengumuman. Tapi, semangat untuk mengikuti lomba-lomba menulis cerpen masih ada.

Saya adalah typical orang yang menyukai genre tulisan “real life”. Karena Saya yakin, tidak perlu berimajinasi pun, menceritakan kisah hidup sudah bisa menjadi sebuah tulisan. Walaupun, pasti banyak yang berpikir akan malu kalau ketahuan sama orang yang dikenal atau malah kisah hidup kita bisa menjadi suatu motivasi untuk orang lain. Tergantung dari sisi mana kita melihat suatu karya kita nantinya.

Suatu proses Saya ibaratkan seperti “Mie Instan”. Namanya memang instan, tapi apakah prosesnya juga instan? BIG NO. Karena untuk mendapatkan hasil yang diinginkan maka diperlukan usaha dan tekad yang kuat juga. Seperti sebuah quotes yang Saya buat “Step by step like a metamorphosis”. Layaknya ulat yang akan berubah menjadi kupu-kupu, ia pun juga membutuhkan proses supaya mendapatkan hasil yang diinginkan.

Saya sudah gagal 2 kali. Untuk orang yang berpikir “Udah nyoba 2 kali aja gagal, males deh mau ikut lomba lagi… ntar gagal lagi” Itu pemikiran pesimis. Tapi, untuk seseorang yang yakin dan percaya akan ada keberhasilan yang kelak akan didapatkan nantinya. Pasti, ia akan berpikir “Baru nyoba 2 kali aja udah nyerah, coba lagi deh. Siapa tau kali ini berhasil”. Yap, harus optimis dan berpikir positif dulu.

Tanamkan mindset yang baik pada diri kita terlebih dahulu. Kalau mindset kita sudah positif, respon tubuh pun akan positif dan keinginan untuk menghasilkan suatu karya yang bisa dibaca oleh orang banyak pun pasti akan tercapai. Because, positive thinking is intelligent thinking. Nikmati dulu prosesnya, karena saat kita menikmatinya. Saya yakin, suatu saat tujuan yang dari awal diinginkan akan terasa lebih nikmat saat kita berhasil mencapainya.

Kalau kita sudah takut untuk mecoba, bagaimana kita tau akan berhasil nantinya? So, you must try start from now. Lakukanlah sekarang selagi kamu bisa. Karena menunda usaha sama saja kamu menunda keberhasilan dan menunda keberhasilan sama saja kamu menunda kesuksesan. Karena kesuksesan ditentukan oleh diri sendiri bukan orang lain.

Mulailah tuangkan ide-idemu dalam sebuah karya, sering-seringlah mencari informasi tentang perlombaan menulis. Because, sekarang zaman sudah semakin canggih. Informasi bisa didapat dimana saja dan kapan saja. Jangan cuma jago bikin quotes dan petuah-petuah bijak di sosial media, kalau kita bisa memanfaatkan sebagai bentuk tulisan yang bisa diwujudkan dalam sebuah karya tulis. So, why not? Written now!

Kalau hanya  mengikuti alur hanya seperti air yang mengalir, sepertinya sudah biasa. Kalo kamu hobby membaca dan tertarik untuk menulis, silahkan mulai tekuni itu. Mungkin itu akan menghasilkan pundi-pundi rupiah nantinya dan menjadi awal keberhasilan kamu untuk menjadi seorang penulis.

“Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar. Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha” –BJ Habibie.

Profil Penulis:

“ICHA” berasal dari kata “UNICHA” yang mempunyai kelanjutan nama “KUN” dan “RIANI”. Berasal dari Tangerang Selatan yang lahir pada bulan Juli tahun 1997. Anak kedua dari 3 bersaudara yang semuanya masih gadis. Saat ini menjadi mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Tangerang Selatan. Salam kenal readers!

Gagal? Bukan Berarti Menyerah! Gagal? Bukan Berarti Menyerah! Reviewed by Pena Juara on June 26, 2020 Rating: 5

No comments


Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-tQY9J_6x1G0/XtPfL8xajjI/AAAAAAAAAF4/8_PRPMvvniYMZxUj7vWIxYzIfiY4iXsHQCLcBGAsYHQ/s1600/POST%2BYUHUY-23-min.png] Author Name [PenaJuara] Author Description [Read. Think. Write.] Facebook Username [soratemplates] Twitter Username [soratemplates] GPlus Username [104219125408123734587] Pinterest Username [soratemplates] Instagram Username [penajuaracom]