Tips Agar Terhindar dari Writer’s Block

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Bagi teman-teman yang suka menulis sebuah cerpen, novel, artikel, dsb. Kalian pasti sering merasa kehilangan ide atau imajinasi yang akan kalian tuangkan dalam tulisan atau karya kalian tersebut. Nah, kondisi saat kita merasa kehilangan ide atau imajinasi yang akan kita tuangkan ke dalam tulisan/karya itu disebut Writer’s Block. 




Apa sih Writer’s Block itu? Dan bagaimana sih cara agar terhindar dari Writer’s Block saat menulis cerita? Nah, kali ini saya akan membagikan tips agar terhindar dari Writer’s Block. 
Tips-tipsnya adalah sebagai berikut :

1. Menulis di saat ada waktu luang dan pikiran sedang jernih
Ini merupakan tips yang paling penting bahkan sangat penting, karena jika kita menulis di saat waktu sibuk, dan pikiran kita kalut maka akan mengacaukan pikiran kita, jadi ide ide yang tadinya akan kita tuangkan ke dalam karya/tulisan maka akan buyar seketika. Jadi tulislah karya/tulisanmu di waktu luang dan pikiran sedang jernih ya teman. 

2. Perbanyak membaca dan menonton
Nah, memperbanyak membaca dan menonton itu sangat penting untuk menulis sebuah   Mengapa? Karena dengan memperbanyak membaca entah itu non-fiksi atau fiksi dan menonton entah itu berita, sinetron, atau bahkan drama dari luar negeri itu membantu imajinasi/ide kita berkembang untuk membuat sebuah karya/tulisan. Contohnya saat kita dihadapkan ingin membuat cerita yang ber-genre comedy-romance, kalian harus banyak-banyak membaca buku yang ber-genre sama dengan cerita yang ingin kita buat atau menonton drama yang ber-genre comedy-romance. Pastinya imajinasi/ide kita akan berkembang pesat,   dan terhindar dari Writer’s Block.

3. Ke tempat-tempat yang membuatmu banyak inspirasi
Nah, yang ini juga tak kalah pentingnya, karena pasti di tempat-tempat tertentu akan membuat ide/imajinasi berkembang. Salah satunya taman, mengapa? Karena di taman, kita akan melihat banyak orang entah itu bersedih, senang, dan bahkan juga ada yang bermesraan sehingga membuat orang lain disekitar merasa cemburu. Nah pasti kita yang melihat adegan-adegan di taman pasti menemukan banyak ide dan inspirasi, dan tentunya akan terhindar dari Writer’s Block.

4. Meminta saran kepada temanmu atau keluargamu
Jika kalian merasa ide atau imajinasi kalian tidak ada lagi yang bisa dituangkan ke dalam karya/tulisanmu, jangan bersedih, mintalah saran dengan teman atau keluargamu untuk bisa mendapat inspirasi atau ide dalam menulis, contoh kalian meminta saran sebaiknya apa konflik yang cocok untuk genre comedy-romance atau comedy-action atau kalian meminta saran apa judul cerita atau novel atau artikel yang menarik perhatian pembaca.

Itulah tips-tips agar terhindar dari Writer’s Block, semoga dapat membantu kalian semua.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Oleh Rahmadita Zinda Haniifa
Nama saya Rahmadita Zinda Haniifa, saya biasa dipanggil Dita, saya baru kelas 2 SMA, saya suka menulis sejak kelas 1 SMA, tapi tulisan saya tidak pernah saya publish. Hobi saya menulis, membaca, mendengarkan lagu, dan tentunya menonton drama dari luar negeri, seperti drama korea, drama jepang, drama cina, drama thailand, dsb. 


Tips Agar Terhindar dari Writer’s Block Tips Agar Terhindar dari Writer’s Block Reviewed by Pena Juara on June 02, 2020 Rating: 5

No comments


Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-tQY9J_6x1G0/XtPfL8xajjI/AAAAAAAAAF4/8_PRPMvvniYMZxUj7vWIxYzIfiY4iXsHQCLcBGAsYHQ/s1600/POST%2BYUHUY-23-min.png] Author Name [PenaJuara] Author Description [Read. Think. Write.] Facebook Username [soratemplates] Twitter Username [soratemplates] GPlus Username [104219125408123734587] Pinterest Username [soratemplates] Instagram Username [penajuaracom]